Selasa, 01 Februari 2011

Sepak Bola Api

Sepak Bola Merupakan Olahraga Paling Populer di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. namun yang paling membedakan adalah apabila sepak bola bercampur dengan kebudayaan warga yang spiritual. Hasilnya, sepak bola yang menggunakan bola yang terbakar api panas.

Masyarakat di setiap daerah maupun di perguruan bela diri pencak silat serta di beberapa pesantren di Indonesia, menggunakan teknik kebal api dengan cara masing-masing. ada yang menggunakan mantra, sesaji, pawang dan lainnya. 

Pada prinsipnya sama, namun yang lebih ditekankan dalam Perguruan Persatuan Seni Silat Jurus Makrifat Pusat Samarinda Provinsi Kalimantan Timur adalah dengan memadupadankan unsur illahiyah dalam diri sebagaimana yang terjadi pada Nabi Ibrahim.

Penggunaan Doa dalam permainan ini, sebagai tanda bahwa tidak ada yang berkuasa dimanapun kecuali Allah SWT. Disamping kita akan mengenali "sifat api yang ada didalam diri (empat anasir) dan sifat api yang zahir" mengenal tidak hanya dalam pengertian mengetahui nama Api, melainkan asal muasal yang sejati.



4 komentar: