Senin, 07 Februari 2011

Syekh Muhammad Saman Al-Banjari

Kediaman Tuan Guru Syekh Muhammad Saman Al-Banjari, Sambutan Kota Samarinda Provinsi Kaltim.


Mualimun Asror Jannah Sohibul Wafa Al-Mukarom Al-Mujadid Habibul Akbar Tuan Guru Syekh Saman Al-Banjari, merupakan salah satu alim ulama dan tuan guru bukan hanya di Indonesia melainkan juga dibeberapa negara asia hingga kawasan eropa. antara lain Malaysia, Thailand, Berunai Darussalam, dan lainnya.

Itu semua bukanlah isapan jempol belaka, melainkan bukti nyata. beliau yang di tahun 2011 genap berumur 96 tahun, sangat terkenal sebagai ulama dibidang ilmu Tasawuf yakni Makrifatullah wa Makrifaturrasul. juga dikenal sebagai sosok ulama yang karismatik dan tidak pelit ilmu.

Sebagai sosok ulama dunia, dakwah beliau diawali di daerah Kota Tarakan, kemudian menyebar ke sabah Malaysia, Thailand, juga Samarinda yang menjadi kediaman tetap beliau. Berangkat dari Prinsip ingin menyebarkan ilmu ketauhitan yang berdasarkan kepada Al-Qur'an dan Sunnah rasulullah Muhammad S.A.W.

Syekh Saman Al-Banjari (posisi; tengah berdiri) bersama para murit Ikhwanul Makrifatullah Wa Makrifaturrasul Samarinda Kaltim

Dakwah yang dilakukannnya tidaklah semulus yang diperkirakan. budaya dan adat masing-masing daerah menjadi salah satu tantangan tersendiri. selain itu bebagai pihak yang tidak menyukai beliau terutama terhadap apa yang diajarkan turut menjadi penghalang.

Namun dengan kudrat dan irodat Allah swt jualah semua rintangan dapat dijalani dengan mulus. bahkanh pernah diceritakan dari ucapan beliau sendiri, bahwa tidak sedikit tantangan musuh zahir seperti difitnah sebagai orang sesat hingga ingin dikeroyok orang sekampung, difitnah sebagai dukun, di teluh/santet/black magic hingga disidang oleh para majelis tinggi ulama dibeberapa daerah termasuk malaysia telah beliau lalui. 

Sebagai bentuk iktiar dari perlawanan maka Allah menganugrahkan beberapa metode atau cara (bentuk doa lisan'-doa gerak), termasuk dari beberapa...............(maaf tidak disebutkan karena takut menjadi fitnah)
. dalam rangka hanya sebagai bentuk pembelaan diri bukan untuk menyakiti melainkan untuk mengingatkan dan menyadarkan.
Beberapa keilmuan tersebut yang mengilhami lahirnya Persatuan Seni Silat Jurus Makrifat atau Persatuan Silat Makrifat yang tersebar diseantero negeri. Pesan Beliau kepada seluruh murid yang belajar khasanah bela diri agar selalu ingat bahwa tujuan belajar bukanlah untuk menyakiti melainkan untuk mendalami jati diri, artinya kalau orang tahu siapa dirinya maka tidak akan mungkin menyakiti makhluk lain, karena sejatinya ilmu bela diri adalah sebuah jalan menuju keharmonisan hubungan kepada sesama mahluk juga kepada sang pencipta.

yang menarik adalah kebanyakan dari yang memusuhi beliau terutama yang menorlak keras ajaran yang disampaikan beliau, pada akhirnya malah berbalik menjadi pendukung yaitu menjadi murid setia beliau.

Berbagai penghargaanpun banyak beliau dapatkan, baik dalam maupun luar negeri hingga eropa, sebagai guru atau manusia yang mengajak kepada jalan kebaikan.

Hingga saat ini, murid beliau tidak dapat dihitung lagi sangking banyaknya. kendati demikian, banyak murid-murid yang menjadi ustadz, ulama dan sufi lainnya. murid beliaupun sangat luas, dari latar belakang yang berbeda, ada yang pejabat, petani, pegawai negeri, dokter, atlet, usahawan, mahasiswa dan lainnya.

Namun sebagai manusia, tidak sedikit murid yang "durhaka" atau berpaling karena merasa paling tinggi atau sejenisnya.termasuk ada diantara pejabat yang mau menjadi murid hanya karena untuk menggalang masa saja. menanggapi murid yang bergabung hanya karena tujuan keduniaan ditanggapi beliau dengan arif dan bijaksana. kendati tahu bahwa niat tidak benar namun beliau tetap menerima dan menyambut dengan harapan niat dapat berubah setelah mendengar berbagai masukan yang diberikan.

Tidak sedikit penghargaan yang diterima beliau, bukan hanya di dalam negeri melainkan hingga dunia. mulai dari penghargaan didalam negeri, dari majelis tinggi malaysia bahkan nobel pahlawan yang memberikan perdamaian dari Persatuan Bangsa Bangsa.

Penghargaan dari PBB, bukanlah kehendak dari Syehk atau majelisnya. Sebab tidak pernah ada pertemuan dengan utusan walau sekalipun apalagi untuk kerja sama tidak ada sekalipun. menurut mereka (PBB) penilaian berdasarkan peneliti independen yang berkerja secara rahasia yang tidak diketahui pihak yang bersangkutan.

Dapat dimaklumi bahwa, saat ini berbagai negara sedang krisis kepercayaan, moral bahkan spiritual. Sehingga dibutuhkan dakwah dengan berbagaimancam wasilah atau thoriqoh yang berbagaimacam juga sesuai dengan kebutuhan situasi dan kondisi.

19 komentar:

  1. salam kenal http://yppimm-ni.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. salam kenal dan boleh sy minta no tlp abang?saat ini bagaimana keadaan beliau?

    BalasHapus
  3. beliau dalam kondisi sehat alhamdulillah.....tp krn usia beliau yg 11 maret kemarin genap 97 th jd kadang2 skit

    BalasHapus
  4. Mudah2an beliau selalu di berikan kesehatan oleh Allah SWT amin.
    Wah membaca blog anda,saya jd ingin mengenal sosok beliau lebih jauh.hanya saja belum ada update tulisan terbaru dari anda.oia salam kenal nama kecil saya ahmad.oia tolong anda tanyakan kepada beliau mengenai goa sancang 13,apa pendapat beliau?
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  5. assalammualaikum... maaf jika pertanyaan saya waktu itu kurang berkenan bagi abang,mohon maaf dan terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  6. Apakah saya boleh mengenal lebih jauh dengan sosok beliau dan yg beliau ajarkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. My_zone04.....klau mau tahu lebih jauh silahkan buka http://yppimm-ni.tk/ update photo terbaru kegiatan majelis........blog yg dibikin bang purjianto mahendra

      Hapus
  7. http://yppimm-ni.tk/ update photo terbaru kegiatan majelis

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,,, Kagem Konco - konco lan Poro Sederek saksedayanipun Ingkang Minulyo, nyuwun tulung bantu ngeshare video ini yg berisikan
    Perjalanan Dalam Perjuangan seorang hamba Allah
    " Satria Pininggit Cakrabuana Wahyu Cakraningrat Putra Pujangga "
    ( Rd Arya WH Diningrat )
    Tuk Bangsa dan Bumi Pertiwi Nusantara Indonesia... Wassalam.... Hatur Nuwun
    Semoga Gusti Allah Ridho Dengan Semua Ini Untuk Semuanya.......Amin allahuma ya robbal alamin...

    http://youtu.be/tlfqs6kgf-g


    CINTA BANGSA BUMI PERTIWI INDONESIA PERSADA

    Hatur maaf sebelumnya, tolong sampaikan pesan ini kepada beliau Mualimun Asror Jannah Sohibul Wafa Al-Mukarom Al-Mujadid Habibul Akbar Tuan Guru Syekh Saman Al-Banjari... Semoga bermanfaat tuk kedepannya,,, Bumi Pertiwi Indonesia Persada....... Amin allahuma amin

    BalasHapus
  9. Insya Allah, dan trimksih ats informasinya,cuma kami agak sulit memahami yg menggunakan bahasa jawanya........tp intinya kami sangat senang dantrimkasih.....sy akan share digroup facebook dll.

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, untuk saudaraku yang ingin melihat fhoto terbaru silahkan kunjungi YPPIMM-NI blog http://yppimm-ni.tk/ sudah tidak berlaku lagi

    BalasHapus
  11. Salam kenal,kami dari cabang majelis Banjarmasin yang dipimpin oleh H.AHMAD JDARKASI

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum... mau tanya kalau persatuan silat untuk ceweknya ada?

    BalasHapus
  13. Wa alaikumussalam wr.wb.

    Mohon Maaf krn kesibukan admin jd bru bisa bls skrng, alhamdulillah masih aktif sampai sekarang kalau untuk ceweknya ada

    BalasHapus
  14. salam kenal...maaf krn sesuatu lain hal kami mengganti alamat blog yang baru silahkan kalau berkenan di ; http://pssjm-pusat.blogspot.com/

    BalasHapus